Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
merupakan salah satu jenis penelitian yang bersifat praktis. Melalui PTK dosen
dapat mengimplementasikan kreativitas dan kekritisannya. Dosen diharapkan
kritis dalam memahami berbagai hal yang terjadi selama pelaksanaan perkuliahan.
Setelah itu, ia harus kreatif dalam menangani masalah yang terjadi agar
kualitas perkuliahan yang dilakukan menjadi lebih baik, sehingga dapat membantu
mahasiswa dalam memahami materi yang dipelajari. Hal tersebut dapat dilakukan
melalui PTK.
Selain digunakan untuk kepentingan
peneliti sendiri, pemahaman terhadap metode PTK sangat bermanfaat untuk
membimbing mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir. Banyak mahasiswa Program
Studi Pendidikan Matematika yang memilih tugas akhir berupa PTK. Oleh karena
itu, diperlukan banyak dosen yang benar-benar memahami metode PTK agar mampu
memberikan bimbingan secara maksimal.
Sebenarnya banyak dosen Prodi
Pendidikan Matematika yang telah memahami metode PTK, terutama yang merupakan
lulusan dari Jurusan Pendidikan Matematika. Akan tetapi ada dosen yang dari
ilmu murni matematika, sehingga tidak memahami konsep PTK. Di antara dosen yang
telah mempelajari PTK, juga masih ada perbedaan pendapat. Hal ini akan sangat
membingungkan mahasiswa yang dibimbingnya. Untuk itu Prodi Pendidikan
Matematika Unikama menyelenggarakan pelatihan PTK dengan tema ”Menjadi Dosen Profesional melalui Penelitian Tindakan
Kelas”. Pelatihan ini diselenggarakan pada tanggal 6 Agustus 2015, diketuai oleh Tatik Retno Murniasih, S.Si., M.Pd dan diikuti oleh seluruh dosen Prodi Pendidikan Matematika Unikama. Sebagai pemateri adalah Prof. Drs. Gatot Muhsetyo, M.Sc. Materi pelatihan dapat di unduh pada link berikut ini:
Berikut Foto Kegiatan Pelatihan PTK
Tidak ada komentar:
Posting Komentar